Pagi itu cuaca cerah sekali, ketika siswa-siswi MI AL-FATTAH memasuki gerbang sekolah. Dengan penuh semangat mereka melangkahkan kaki sambil menggendong tas rangsel masing-masing. Tentu saja mereka antusias karena hari ini adalah hari dimana semua siswa khususnya kelas III, IV, dan V akan melaksanakan out bond. Sesuai yang sudah terencana bersama POS (Paguyuban Orang Tua Siswa), out bond kali ini dilaksanakan di Warung out bond di daerah Tegalgondo, kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang. Bersama POS, rombongan iring-iringan kendaraan yang mengangkut para peserta out bond meluncur pada pukul 07.30 WIB.

Ada bermacam-macam kegiatan pada hari itu, Sabtu 11 Februari 2012. Untuk kelas IV melakukan jelajah dan mencari jejak di lokasi. Dengan kelompoknya masing-masing mereka berjalan di sepanjang hamparan rumput dan tanaman sayur-sayuran sambil menuliskan tugas yang sudah diberikan oleh Guru Pendamping. Sedangkan untuk kelas III dan V, jelajah ditempuh beberapa kilometer dari lokasi. Dengan berbekal tongkat masing-masing siswa berbaris menurut kelompoknya. Tidak ada kata lelah, di sepanjang jalan mereka bernyanyi-nyanyi sambil menikmati indahnya pemandangan alam. Udara segar dan pancaran sinar matahari begitu mereka nikmati. Ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari kegiatan jelajah tersebut, antara lain :

  1. Belajar mengenal lingkungan sekitar
  2. Belajar bertanggung jawab
  3. Melatih disiplin
  4. Menumbuhkan rasa kebersamaan dan solidaritas

enjelajahan diakhiri di SDN Tegalgondo, sambil melepas lelah semua siswa menikmati bekal masing-masing. Beberapa menit meregangkan otot-otot kaki, perjalanan dilanjutkan kembali menuju lokasi out bond. Ketika sampai di sana, rombongan kelas IV sudah siap dengan Flying Fox dan arung jeram. Memang untuk kelas IV dan III kegiatan berakhir di sore hari, tetapi untuk kelas V kegiatan baru berakhir di esok harinya.

Ada rasa kangen yang mendera siswa-siswi kelas V, karena baru pertama kalinya harus terpisah dari orang tua. Kehangatan keluarga serta canda tawa dari ayah dan ibu tidak lagi mereka rasakan, tetapi berganti dengan celotehan dan kejahilan dari teman-teman satu kelas. Malam hari di lokasi out bond dihabiskan dengan menonton film bersama dan jerit malam. Tak terasa waktu berlalu begitu cepat, ketika pagi menjelang . Kini saatnya mereka akan mengadakan kegiatan yang menjadi inti dari kegiatan outbond yakni arung jeram dan flying fox. Sebelum kegiatan dimulai, para siswa terlebih dahulu melakukan pemanasan dan game sederhana. Tepat pada pukul 09.00 kegiatan arung jeram dilaksanakan dengan arahan para instruktur. Berbekal pelampung dan ban dalam truk, para siswa/i meliuk-liuk mengikuti derasnya arus sungai. Hari itu kegiatan ditutup dengan upacara pelantikan penggalang Rakit yang sudah menjadi agenda tahunan. Menjelang pelantikan, tiba-tiba hujan deras mengguyur area out bond, dan tak ayal pelantikan harus dilakukan di dalam ruangan. Tetapi itu semua tidak menjadikan semangat dan kebahgiaaan peserta berkurang, melainkan malah menjadi semangat yang menggebu-gebu karena siswa/i ini akan dikukuhkan menjadi penggalang rakit.

0 komentar:

Posting Komentar